Service Printer Mranggen

Rabu, 27 Januari 2016

Yuk Mengenal Lebih Dalam Microsoft Word 2007

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada dokumen.

Berikut ini adalah Jendela Microsoft Office Word 2007


1. Office Button 
yaitu bagian yang digunakan untuk mengendalikan operasi Word 2007, berisi perintah-perintah seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan keluar dari Word






2. Quick Access Tools
berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office Button > Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button > Save.


3. Baris Judul (Tittle Bar)
yaitu bagian yang digunakan untuk menampilkan nama file dokumen yang aktif (Document1) dan nama program (Microsoft Word

4. Kontrol Menu Icon 
 - Minimize
 - Restore
 - Maximize
 - Close


5. Baris menu (Menu Bar) 
merupakan komponen utama pada progra Ms. Word yang berisi serangkaian perintah (menu) yang didalamnya terdapat sub-sub perintah (Submenu) sesuai kategorinya.


6. Ribon 
yaitu bagian yang berupa tombol (icon) perintah-perintah khusus yang merupakan submenu (groups) dari Menu Bar yang berfungsi untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.


7. Penggulung layar (Scroll Bar)
yaitu bagian yang digunakan untuk layer ke atas dan ke bawah (Scrollbar vertical), serta ke kiri dan ke kanan (Scrollbar horizontal ).


8. Garis Mistar (Ruler) merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen, yang berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman serta digunakan sebagai pedoman ukuran pada setup halaman.





9. Task Pane
yaitu jendela yang muncul pada area kerja sebelah kanan ketika kita menjalankan suatu perintah, seperti menyisipkan gambar, format membuat surat berantai (mail merge), dan lain sebagainya.



10. Pilihan Tampilan layar
Normal View : menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal, dan masing-masing halaman dipisahkan oleh garis putus-putus sebagai batas antar halaman. 

Web Layout View : menampilkan lembar kerja dlm bentuk halaman web.
Print Layout View : menampilkan lembar kerja yang sama seperti hasil yang akan dicetak.
Outline View : Tampilan lembar kerja mirip dengan tampilan Normal View, namun tanpa adanya garis batas antar halaman.
Reading Layout : menampilkan lembar kerja dalam bentuk outline Reading (yang ideal untuk dibaca)

11. Pilihan ukuran tampilan area kerja (Zoom View) 
yaitu bagian yang berisi tombol (slider) untuk mengubah ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja Microsoft Word

12. Baris Status (Status Bar)
yaitu bagian yang berisikan informasi tentang nomor halaman aktif dan halaman secara keseluruhan.Status bar di bawah ini menunjukkan bahwa halaman aktif berada pada halaman 7 dan secara keseluruhan dokumen terdiri dari 13 halaman.

13. Taskbar
1. Start Button berfungsi untuk mengontrol system operasi windows serta untuk menjalankan semua program aplikasi yang terinstall dalam computer.
2. Quick Launch berfungsi sebagai tempat menyimpan file shortcut. Disini kita bisa menyimpan program-program yang sering dipakai dengan mendragnya dari layar monitor anda. Fungsi shorcut ini sama dengan shorcut yang bertebaran dilayar monitor yaitu sebagai jalan pintas untuk menjalankan suatu program.
3. berfungsi menyimpan program-program yang sedang kita jalankan, di sini kita bisa berpindah-pindah antarprogram dengan mengklik program yang kita inginkan pada area bagian ini.
4. berfungsi untuk menyimpan berbagai program yang otomotis berjalan ketika windows pertama kali dibuka. Program-program seperti Antivirus,Winamp, Volume, Network conection, Device Printer dll, akan terlihat disini.

Demikian lah pengenalan tentang microsoft office word 2007 semoga bermanfat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Person

Menerima Panggilan Area Semarang dan Sekitarnya CP: WA : 085848888815

085848888815

Foto saya
Semarang, Central Java, Indonesia