Service Printer Mranggen

Kamis, 11 Februari 2016

Pengertian Dan Sejarah Microsoft Office Acces

Bagi anda pengguna komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya program pengelolah kata Microsoft Office Word, program pengelola angka Microsoft Office Exel dan Program Microsoft Office yang digunnakan untuk mengelolah dan mempersiapkan presntasi yaitu
Microsoft Office PowerPoint. Dari ketiga program tersebut pasti sudah banyak yang tau cara menggunakannya.
Selain tiga (3) perangkat lunak Microsoft Office diatas masih banyak lagi perangkat lunak Microsoft Office yang lain dan tentunya tidak kalah pentingnya dengan ketiga perangkat lunak yang disebutkan diatas. Salah satunya yaitu Perangkat lunak Microsoft Office Acces. Saat pertama kali anda mengakses/membuaka program aplikasi Microsoft Acces tersebut pasti banyak pertanyaan yang terpendam dipikiran kalian, apa sih itu microsoft Office? Kegunaan nya untuk apa?. Ini fungsinya untuk apa?. Memang program aplikasi Microsoft Office Acces ini berbeda dengan program Microsoft Office yang lainnya yang sering anda temui dan anda gunakan. Kali ini saya akan mengulas tentang perangkat lunak Microsoft Office Acces, pengertian,sejarah dan fungsi dari Microsoft Office Acces . Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

1. Pengertian Microsoft Office Acces
Ini adalah perangkat lunak yang sering digunnakan untuk membuat, megelola, dan mengolah data yang sering disebut dengan database. Dan database sendiri yaitu kumpulan arsip data yang saling berkaitan yang berbentuk tabel untuk menghasilkan informasi,data sendiri berisi tentang masukan yang akan diolah memjadi sebuah informasi.

2. Fungsi Microsoft Office Acces
Tentuyan jika dipahami dari pengertian diatas pasti sudah tau fungsi dari Microsoft Office Acces ini yaitu digunakan untuk membuat database (basis data). Dan Microsoft Office Acces ini juga dapat digunakan untuk membuat program aplikasi yang berbasiis data,diantaranya digunakan untuk membuat program aplikasi kehadiran, program aplikasi gaji pegawai, program aplikasi persediaan barang dan masih banyak lagi program aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Office Acces yang tentunya berbasis data.

3. Sejarah Microsoft Office acces
Pada bulan november 1992 Microsoft merilis program aplikasi yang berbasis data yaitu Microsoft Officce Acces 1.0, dan pada kemudian selanjutnya Microsoft Office kembali merilis pada tahun 1993 ke versi 2.0. dan tentunya Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Office Acces 2.0 tersebu, untuk spesifikasinya yaitu sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, dengan RAM berkapasitas 4 Mb (6 Mb) lebih disarankan. Dan pada hardisk membutuhkan ruang 8 Mb (14 Mb llebih disarankan) Microsoft Office Acces versi 2.0 ini datang dengan 7 (tujuh) buah disket Floppy 3 inci berukuran 1.44 Mb.
Microsoft Office Acces tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tetapi terdapat sebuah kasus ddimana data mengalami kerusakan. Contohnya kerusakan yang terjadi pada ukuran basis data melebihi 700 Mb. Sering mengalami masalah seperti ini ( memang pada saat itu hardisk yang beredar masih berada dibawah 700 Mb).
Dan buku manual yaang dibbawanya memepringatkan bahwa beberapa kasus yang dialamitersebut terjadi karena disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau bisa jadi konfigurasi yang tidak benar.
Untuk nama kode (codename) yang digunakan Acces yang pertama kali yaaitu Cirrus yang dikembangkan sebelum Micosoft mengembangkan Microsoft Visual Basic,sedangkan dalam pembuatan form antarmuka yang digunakan sering disebut dengan Rubby. Bill Gates melihat purwarupa (Prototipe) tersebut dan dia memutuskan bahwa komponen bahasa pemograman BASIC harus dikembngkan secara bersama-sama sebagai program aplikasi terpisah tetappi dapat diperluas, dan proyek ini dinamakan dengan Thunder, kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah dan mesin pembuat form yag digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sam lainnya. Hal tersebut berakhir pada saat Microsoft merilis Visual Basic For Aplications (VBA)

Semoga Bermanfaat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Person

Menerima Panggilan Area Semarang dan Sekitarnya CP: WA : 085848888815

085848888815

Foto saya
Semarang, Central Java, Indonesia