Service Printer Mranggen

Jumat, 15 Juli 2016

Sejarah Printer Secara Singkat

Beragam Info - Sebelum menjelaskan sejarah tentang printer anda pasti bertanya-tanya siapa sih pencipta printer? dan apa sih arti printer tersebut? Maka dari itu saya menyajikan penjelasan singkat tentang sejarah printer
Bagi anda pengguana komputer atau anda yang sudah mengnal komputer begitu lama atau belum lama pastinnya anda tahu kegunaan printer, tapi tidak salah juga jika anda belum tau siapa pencipta printer.

Nah dibawah ini merupakan penjelasan singakta tentang Sejarah printer, silahkan simak dengan seksama.
Percetakan atau akrab disebut dengan printer yaitu sebuah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik itu cetakan berupa teks maupun gambar/grafik diatas kertas. Printer atau percetakan biasanya terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu:

1. pengggentil picker yaitu sebagai alat untuk mengambil kertas dari baki.
2. Baki yaitu tempat dimana kertas ditempatkan.
3. Tinta atau tinta bubuk tooner yaitu alat pencetak yang sebenarnya.

Tinta ini merupakan alat pencetak sesungguhnya dikarenakan ada sesuatu yang sering disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan tak lain unutuk menulis atau mencetak pada kertas. perbedaanya tinta bubuk dan tinta non bubuk yakni pada sistemnya. Tinta bubuk atau tinta laser membutuhkan pemanasan dan sedangkan tinta non bubuk tatu sembur tinta tidak membutuhkan pemanasan, hanyalah pembersihan pada hulu pencetak (Print-head). Mencetak diatas kain, kertas, film putih, kaca, ebonit, dll.

4. kabel lentur yakni untuk mengirim sinyal dari pengelolah pencetak ke tinta bubuk atau non bubuk. Kabel ini lentur dan tipis tapi kuat dan pada bagian belakangnya pencatak biasanya ada colokan yang sejajar atau USB guna untuk menghubungkan ke komputer.

Secara sederhana teknik cetak mencetak sederhana sudah lama dilakukan di negara Cina di abad ke-14. Dan dari inovasi orang-orang Cina ini telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang membuat pengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Akan tetapi perkembangan teknnik cetak di Cina tidaklah sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa.

Mengapa...?

Hal ini terjadi dikarenakan Alfabet Cina mempunya ribuan ideogram spesifik yang sangat sungkar jika diterapkan di mesin tik. dan hal ini mengakibatkan hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana apa yang terjadi di Eropa.
Pada awal tahun 1950-an telah terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di bagian Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan prosses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah.
Johannes Guternberg adalah seorang tukang emas dan usahawan yang berasal dari Negri Jerman yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang membuat perubahan teknik mencetak secara Revolusioner.
Percetak merupakan penemuan yang paling penting pada milenium lalu, walau ada dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global, tidak terlalu besar. Alkitab merupakan produksi pertama secara massal yang dihasilkan dari penemuan mesin cetak ini.

penemu printer
Orang yang bernama Johannes Gensfleisch Zur Laden Zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) ialah seorang pencipta yang pandai logam dan juga berkebangsaan Jerman, Orang ini memperoleh ketenaran berkat sumbangannya dibidang teknologi percetakan di tahun 1450-an, temasuk aloy logam huruf (Type Metal) dan tinta berbasil-minyak, cetakan untuk mencetak secara tepat dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.

Printer merupakan sebuah perangkat keras (hadware) yang dihubungkan kek komputer. printer punya fungsi sebagai alat untuk menghasilkan atau menampikan data dalam bentuk cetakan diatas kertas dan sejenisnya, baik cetakan itu berupa teks (tulisan) ataupun berupa gambar atau grafis. 
Printer sendiri mempunyai beberapa bagian dan beberapa jenis di dunia ini diantaranya akan saya jelaskan pada pertemuan selanjutnya. 


Bagaimana anda sekarang sudah paham dengan adanya penjelsan singkat yang saya sajikan diatas, mudah-mudahan dengan adanya penjelasan singkat tentang "artikel sejarah printer" diatas anda bertamabah pengetahuannya, dikarenakan pengetahuan itu penting di kehidupan sehari-hhari.

Semoga Bermanfaat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Person

Menerima Panggilan Area Semarang dan Sekitarnya CP: WA : 085848888815

085848888815

Foto saya
Semarang, Central Java, Indonesia